kita mau buat apa nih?

Saat hampir masa pengabdian di kota banjar tinggal dua minggu lagi. 

Pengabdian masyarakat yang rasanya kurang mengabdi. KKN kami lebih banyak menikmati jalan-jalan juga leha-leha di posko. Hingga sekumpulan anak IT merasa mereka belum melakukan apa-apa di tempat KKN nya.

Pengabdian di kota banjar sudah setahun yang lalu, tapi rasa bangga dan kengen masih saja belum bisa hilang. *susah move on akutuuu...
Apalagi ditambah hal yang luwar biasyaak yang pernah aku buat dan teman-teman IT ini. Ditempatkan di kota banjar dengan segala kelebihan dan kekurangnya ngebuat kami berpikir apa yaa rasanya yang cocok untuk dijadikan pengbdian. Yaa.. mikirnya sih karena ini kota, siapa sih yang eggak tau internet? Siapa sih yang gak tau MS Word. 

Setelah survei, dengan ngawang-ngawang. Mengira-ngira apa yang mereka butuhkan akhirnya kami memilih "workshop IT : Pemnfaatan Internet dan penulisan artikel". Semuanya berjalan cepat wush-wush.. dari urusan perizinan, yang bakal ngisi materi, pembagian tugas dan lain lain. Gitu kali ya kalau buat acara SDMnya ada, konsepnya siap. Semuanya terasa mudah. Sebagai tempat workshop di MAN Kota Banjar, yang diikuti oleh teman-teman dari kelas 11 TKJ. 

Selain dengan teman-teman IT, kami juga berkolaborasi dengan teman-teman jurnalistik UIN Bandung. Rasanya itu kombinasi yang pas IT dan Jurnalistik. Sebagai pembuka, ibu ketua lab man kota banjar, menjelaskan kedatangan kakak2 ini, diharapkan para peserta dapat mengikuti acara dengan baik dari awal sampai akhir, gitu kata ibu lab. 

Materi pertama diisi oleh seorang mahasiswa IT yang menjelaskan manfaat internet, hal apa saja yang bisa didapat dari internet, daan cara mendapatkan keuntungan dari internet, materi kedua adalah pemanfaatan internet dalam penulisan artikel menggunakan wordpress, dan ini diisi oleh seorang mahasiswi yang hobi menulis... *give appluse untuk kak mifta....

Berbagi hal yang kita bisa (walau gak handal) ternyata itu menyenangkan, sharing cara buat wordpress, ngasih tips and trick layout di wordpress dan mereka antusias itu rasanyaaaa... Terimaksih ya adik-adik sudah mau belajar bersama kakak. 

Materi berikutnya tentang penulisan artikel, diisi oleh kakak2 dari jurnalistik mereka memang tau benar apa yang dibutuhkan oleh adik-adik ini, dan tak lupa mereka juga berbagi tentang edit foto yang sangat disukai oleh adik-adik, banyak yang penesaran sampe mereka minta kontaknya kk jurnalistik untuk tanya-tanya lebih banyak lagi.

Rupanya, sharing, berbagi kebaikan itu menyenangkan. Melihat senyum dan tawa mereka saat kami bercerita juga sangat menyenagkan. Kalau kata fajar 

Selamat menebarkan algoritma kebaikan yaa mbak...


Wajah bahgiaa

0 Comments