Katanya, suka ngopi itu keren! Terlihat filosofis gitu katanya. Apa lagi ditambah ngopi sambil baca buku. Terus katanya lagi kopi itu instagramable, ciamik banget kalau di upload di instagram dengan caption yang tak kalah filososfi dan filsafat banget, penuh makna.

Sebagai anaknya ayah, yang sudah kurang lebih 20tahun menjadi anaknya aku paham betul bagaimana kebiasaan ngopi ayah. Gaya ngopinya, berapa takaran yang pas, seberapa suhu air panasnya. Tapi, kalau urusan buat kopi untuk ayah ibu sih jagonya. Pernah waktu itu ayah main kerumah mbah (grandma), terus ada tamu dirumah mbah, tapi ayah minta kopinya dari rumah, minta ibu yang buat. Kebiasaan yang romantis. Romantisme kebiasaan.


Ada artikel di hipwee yang bilang kalau kesukaan ngopi (hobi ngopi) itu adalah keterunan, kalau ini aku gak menyangkal. Memang aku bisa dibilang kopi addict, gak cuma pas jadi mahasiswa aja tapi semenjak aku ngerti kalau kopi itu enak. Dirumah ibu selalu nyetok kopi banyak, cukup buat sebulaneun, buat kami yang doyan ngopi dan  kopi buat ayah itu beda Kopi Kapal Api Special Mix. Tapi kami yang doyan ngopi dikasih Nescafe original. Kata ayah anak kecil minum kopi ini aja, nanti ga kuat. Sejujurnya lambungku agak bermasalah memang kalau minum kopi sasetan, tapi so far dirumah diimbangi dengan sarapan sehat nan bergizi, jadi why not. Hingga pada suatu hari muncullah iklan Luwak Whtie Kopi, yang diiklanya bilang kopi yang gak bikin lambung bermasalah. Ibu langsung inisiatif bulan depan pindah dari Nescafe Original ke Luwak White Kopi. Buktinya memang lambung gak bermasalah, lamaaaa kami stay di kopi luwak. Dan ayah masih dengan Kapal Api Special Mixnya. Pernah ayah coba ganti kopi lain tapi katanya rasanya kurang pas.Ayah bersih-bersih halaman dan ibu buat kopi, tapi ayah selalu tau kapan waktu yang pas buat minum kopinya gak kepanasan gak kedinginan pas. "Sruuppptssss agrrrrrggghhhh... "gitu gayanya abis ngopi terpancar semangat indonesia. 

Kebiasaan ngopi ini aku bawa sampai bandung, ketika ditinggal dan untuk ngekos aku ngerasa ada yang kurang, pagiku gak minum kopi. Esoknya aku pergi ke Indomart aku pilih luwak white kopi biar rasanya rumah banget. Setelah minum luwak white kopi, aku disini bertemu dengan mereka-mereka yang juga hobi ngopi, saran untuk coba kopi ini, kopi itu, kopi gooday, kopi goodbay, kopi yang mahal yang 10rb 2 hahah, bahkan pas KKN Riko teman KKNku bilang kopi yang sesungguhnya adalah kopi tanpa gula. Dan dia itu bawa alat apa sih yang buat ngopi gitu, keren! Semenjak kuliah aku jadi coba berbagai macam kopi, ya! aku ngopi setiap pagi bahgakan pagi dan malam.

Hingga pada suatu hari ibu bilang ayah sakit kak, sudah 2 hari gak masuk kerja. Aku kaget (sedikit), aku pikir kecapean biasa, biasa kecapean. Ayah memang kalau lagi banyak kerjaan suka apa-apa gak teratur, dari soal makan gak teratur, tidur gak teratur, pulang gak teratur. "iya bu ayah istirah aja ya bu, semoga lekas sembuh" terkirim sms balasan. Pagi-pagi ibu bilang"ayah udah sembuh kak, udah masuk kerja", Alhamdulillah.

Aku pulang dan dirumah tak kutemui lagi ber-saset-saset kopi dan topless kopi ayah kosong. Paginya ibu menyuguhkan teh untuku dan susu untuk ayah. Ohhh aku pikir lagi habis stoknya, dan ayah lagi coba inovasi baru. Seminggu dirumah, masih aja belum ada kopi dan sekarang berganti dengan teh dan susu, bahkan malam ayah gak minta dibuatin kopi, tapi dibuatin susu. Karena aku penasaran aku tanya sama ina. Kenapa gak tanya sama ibu?? Ya, sama ina ajalah biar lebih lebayyy hahha diakan kalau cerita suka mendramatisir gitu jadi, lebih berkesan ceritanya hahhaha.

K : na kok ayah gak pernah ngopi lagi?
I : hiiiiih kamu gak tau apa?
K : apa na, ya aku kan gak dirumah.
I: kemari ayahkan sakiiiittt, sampe nginep dirumah dokternya, dokter aswan itu looh
K: emang parah banget ya na?
I : iyaaa ih pokonya kasian tau kak, lemes gitu gak semngat, pusing katanya gak sekolah laaah pokoknya kasian, terus ibu bawa kedokter. 
K: ohhh, (padahal aku sedih, sok tegar). terus apa katanya??
I : Katanya kopinya harus dikurangi. Bila perlu gak usah ngopi, gitu katanya
K : oohh jadi sekrang gak ngopi?
I : yaa iyalah... gimnalooh kamu ini


yaa ina ceritanya sebenrnya lebaaay gitu tapi kalau ditulis gak tau giman heheh. Jadi aku berhenti ngopi gak yaa???

0 Comments