Kalian pernah dengar, sahabat Rasul SAW yang bernama Utsman Bin Affan?
Rasanya kalau ada Utsaman Bin Affan dimasa sekarang, kehidupan umat sangat terbantu ya..

Utsaman bin Affan sahabat Rasulluah SAW yang kaya raya

Utsman bin Affan Al-Amawi Al-Quarisi akrab di sapa Abu Abdullah, beliau berasal dari Bani Umayyah. Utsman dikenal sebagai seorang pedagang kain yang kaya raya dan dermawan.

Utsman selalu menggunakan kekayaannya di jalan Allah SWT untuk mendapatkan ridha Allah. Dikutip dari buku Pemuda Yang Dicintai Langit karya Dwi Rahayu, Utsman membeli sebuah sumur yang sangat jernih airnya, kemudian sumur itu dia wakafkan untuk kepentingan rakyat umum. Dia juga memperluas Masjid Madinah dan menyumbangkan 1000 ekor unta dan 70 ekor kuda serta 1000 dihram untuk perang Tarbuk.

Utsman melakukan perjalanan hijrah menuju Habsyah (Abyssinia, Ethiopia) ketika kaum kafir Quraisy melakukan penyiksaan terhadap kaum muslim. Utsman hijrah bersama teman-temannya seperti Abu Khudzaifah, Zubir bin Awwam, Abdurahman bin Auf, dan lain-lain. Dia datang sesuai perintah Rasulullah untuk hijrah ke Madinah.

Tanpa berpikir panjang, Utsman meninggalkan harta kekayaannya begitu saja. Semua usaha dagangannya serta rumahnya dia tinggalkan begitu saja untuk memenuhi panggilan Allah SWT.

Hingga konon, rakyat menunaikan ibadah haji berkali-kali. Karena semakin ramainya umat muslim yang pergi haji, Utsman kemudian memperluas Masjid Al-Haram (Makkah) dan Masjid Nabawi (Madinah).

Utsman membukukan lembaran-lembaran Alquran (mushaf) yang hingga sekarang dibaca oleh umat muslim seluruh dunia. Dia menjadi seorang khalifah selama 12 tahun, dan wafat saat sedang membaca Alquran di bulan haji tahun 35 Hijiriah. Saat itu usia Utsman sekitar 82 tahun. Beliau dimakamkan di wilayah Madinah.

Baik banget yaa.. Utsaman bin Affan ini dan sangat memikirkan kesejahteraan umat. Aku jadi teringat sosok yang rasa-rasanya Utsaman bin Affan masa kini, beliau adalah Om Sedit. Om sedit ini banyak melakukan proyek-proyek kebaikan, dari ide pembangunan masjid desa purworejo, celengan untuk mempermudah masyarakat dalam berinfaq, mengajak saudara-sadara untuk peduli dan ikut membantu Rohingya, serta pembangunan musholah yang akan semikin mempermudah umat dalam beribadah. Om sedit ini idola bangeet, kayaknya gak pikir panjang kalau mau sedekah, semoga aku bisa kaya gitu yaa om. Dulu itu apa kapan aku lupa, tapi om sedit pernah bilang "sekarang saatnya ngurusin umat, menebar manfaat."

Tapi, bener kok semakin kesini, semakin dewasa (ceileeeh) Kebahagian itu udah bukan tentang dirisendiri lebih ke "kalau bisa ngebantu orang itu bahagiaaaanyaaa". Ya contoh kecilnya, bisa ngasih tips ke driver ojek online, masak yang banyak dibagi-bagi keteman kosan, ngasih tempat dududk buat kakek/nenek di DAMRI. 

Nah teman-teman
Om sedit dan kawan-kawan karang tarun desa purworejo lagi banyak proyek kebaikan nih.. kalau teman-teman ingin membantu, Insya Allah semuanya demi Kemaslhatan Umat 

Bekerjasama dengan LazisMU, kami mengajak teman-teman membantu saudara-saudra kita di Rohingya.


Kalau yang ini membantu pembangunan musholah di Desa purworejo di RT 15 dan 16 jadi kalau mau ke musholah atau masjid warga disana jauh. Nah Insya Allah dengan dibangunya musholah ini akan mepermudah warga yang sholat berjamaah.

Sumber kisah

0 Comments