Setiap insan pasti ingin selalu diberi nikmat sehat, sehat jasmani dan rohani. Tapi ada satu insan yang bernama anak kos, yang bisa dibilang badannya ini ringkih. Gampang sakit, gak ngapa-ngapin juga bisa sakit. Hal yang paling memungkinkan mereka sakit adalah karena insan ini kekurangan. Kurang perhatian, kurang duit, kurang bahagia dan kurang dzikir. Penyakit apa saja yang sering menjangkit insan kosan??

1. Hepatitis
Hepatitis merupakan penyakit yang menyerang hati yang disebabkan oleh virus yang merusak sel-sel dan fungsi hati serta menyebabkan peradangan. Penyakit ini bisa menular dengan cepat akibat kebersihan makanan yang tidak terjaga. Maka dari itu wahai insan kos, jagalah kebersihan makanan dan lingkungan, jangan malas mebersihkan kamar, terus kamar mandi yang bersama-sama juga kadang jarang dibersihkan menyebabkan sanitasi tidak lancar itu juga bisa menyebabkan timbulnya kuman-kuman pembawa penyakit.

2. Flu, demam, dan batuk.
Ini sih buat insan kos biasa banget yaa, mudah terserang flu adalah bukti bahwa lemanya sistem imun tubuhmu. Kamu insan kos, kurang makan dan begadang buat ngerjain tugas nah sangat mudah virus flu menyerang dirimu. So, walau tugas banyak jangan lalai untuk makan dan sholat :)

3. Diare.
Insan kos tentunya sering banget makan diluar, bali makan di warung yang kita gak tau apakah makannay bersih dicuci atau belum. Terus beli seblak gak kira-kira cabenya sekilo gitu kan bisa aja itu menyebabkan diare, sayangilah ususmu.

4.Maag.
Ini sungguh tidak asing bagi insan kos. Penyakit ini membuat peradangan hingga luka di lambung disebabkan oleh bakteri helicobacter pylori dan pemakaian ibuprofen/aspirin dalam jangaka panjang. 

5. DBD.
Insan kos baju kotor yang menumpuk dipojok kamarmu sangat mungkin dijadikan sarang nyamuk dan itu bisa menghadirkan nyamuk Aides Aigepti (bodo salah ge). Dan kamar yang sampahnya ada dimana-mana, bekas piring kotor yang tidak segera dicuci itu juga salah satu penyebabnya.

6. Penyakit Malas
Ketika malas sudah menyerang percayalah, semua akan menjadi berbeda. Badanmu terasa tidak segar, hawanya lesu dan lemas. Maka Ayooo bersemangat...

NB : ditulis dengan kondisi tubuh sedang tidak fit tapi berusaha melupakannya....
Sumber : darisini

0 Comments