"Gimana sih anak IT kok gak bisa ngurusin WEB??"

KKN (Kuliah Kerja Ngebolang) hahhaha...
Makna KKN itu beda-beda, setiap individu itu memaknainya beda, ada yang bilang kuliah kerja ngebolang, kuliah kerja nyatu, kuliah kerja ngedoa, kuliah kerja ngaji dll... But KKN salah satu kenangan yang gak mudah dilupakan, dan biasanya KKN jadi ajang, ajang mencari, ajang mencari cinta yang baru, ajang mencari suasana baru, dan ajang show up diri huhuueee...

Jadi gini loooh (gaya putri)
KKN UIN tahun 2017 sekarang beda banget sama kegiatan KKN tahun sebelumnya, kami merasa menjadi kelinci percobaan LP2M UIN. Dengan adanya sistem KKN yang baru ini. Namanya KKN SISDAMAS (Berbasis Pemberdayaan Masyarakat), jadi bukan hanya pengabdian tapi kami juga memberdayakan masyarakat. Sederhananya gini, pas kita pulang masyarakat itu bisa melanjutkan program-program yang sama masyarakat sudah usulkan. Dari masyarakat, untuk masyarakat, dan oleh masyarakt. Begitulah kira-kira, oh iya bisi ada adik-adik yang mau tau yaa.. jadi ada 8 skilus di KKN SISDAMAS ini macem-macem lah namanya cari tau sendiri wkwkkw. 




Kerjaan kami peserta KKN selain ngurusin diri sendiri kami juga ngurusin masyarakat. Tipe masyarakat itu beda-beda, dan menjelasakan jenis KKN yang baru ini sulit loh ke masyarakat karena pada umumnya KKN itu pengabdian, KKN sebelumnya misalnya 
"dari kampus I Pe De En itu nyumbang ini, nyumbang itu looh dek", ujar seorang kader PKK yang tiba-tiba datang ke posko kami. 

Tapi, kami sudah di wanti-wanti sama pihak LP2M, jangan sampai kami peserta KKN ngeluarin uang, kasih pengertian ke masyarakat bahwa KKN kali ini beda. Bayangkan, memberi pengertian seerti itu kemasyarakat kurang lebih 2 minggu pertama KKN, sambil 8 siklus itu juga harus berjalan.

Untungnya punya kelompok yang anggtanya satu visi, eh bohong kalau gak ada konflik drama kecil pasti ada beda pendapat, kami sepakat untuk gak ngeluarin uang, buat program, boleh kali ngeluarin uang buat beli seneck, senecknya gak habis kita-kita juga yang makan, Alhamdulillah.

Aku KKN di 316, kelompok dengan 14 orang beda jurusan, beda wajah, beda asal daerah otomatis membawa habbit masing-masing. Kami ber-14 tinggal di kontrakan 4 ruang, ruanganya cuma 4. Ruang tamu (buat tidur anak  cowok), kamar (buat tidur cewek), kamar mandi dan dapur. Megenaskan?? Panas?? Awalnya aku pikir iya, tapi kesini-kesini aku mulai fine aja, memang iya panas, kipas angin 24 jam nonstop, memang banjar panas. Kami bilang kipas itu kehidupan. We can't Live!!! Kalau gak ada Kipas

KKN rasa KP!!!
Kalau di Informatika pasti kenal KP (Kerja Praktek), jadi KKN sekrang itu di kontrol lewat wordpress, jadi setiap desa/kelurahan itu wajib melaporkan apa saja kegiatanya setiap hari, termasuk 8 siklus itu. Berhubung di awal pertemuan aku mengajukan diri sebagai admin wordpress, jadi wodpress itu tanggung jawab ku!! Sok iyenya aku, "ahh gampanglah cuma ngurus wordpress aja kan" hhahaha sombong yaa.Sinyal gampang, dannn banyak yang MAU BANTUIN. Rupanya salah... aku ngurus web iya, pengabdian juga iya, ngurus pemberdayaan juga, dan kondisi banjar yang sussah sinya, bukan banjar tapi kontrakan aku aja yang susah sinyal.

Punya DPL yang luar biasaak, FYI jadi biar kita semangat web ini di lombakan pesertanya 330 dari 4 kabupaten/kota. yaitu Purwakarta, Cianjur, Banjar, Garut. minggu pertama aku masih seloww, selow woless sama kegiatan KKN gak sibuk buka laptop. Naaah minggu ini tetiba bapak DPL nge WA

"Mifta, kok wordpress kita gak bisa disearch di google?
Gimana ini anak IF kok ngurus web aja gak bisa, nanti bapak bilangin ke kajur IF, bapak laporkan ke pak dekan saintek?"
"Miftaaa, bapak serius ini lohh!"

"iya pak ini diusahakan pakkk
Jangan bilang ke kajur sama dekan dong pak"

Aku panik, aku hampir mau nangis, aku gak tau konteks si bapak DPL ini becanda atau serius, soalnya ini dosen dari jurusan lain, aku belum paham karaktenya. Jadi aku anggap ini seriuss ini masalah besar buat aku.

bapaknya nge WA lagi.
"kalau sampai besok, blog belum  bisa di search di Google, KAMU KKN LAGI TAHUN DEPAN DI PAPUA!!!
Bapak serius!!!"

OMG,,,, panik pengen nangis, malu sama diri sendiri Ya Allah... segala pikiran negatif, kepikiran KKN di papua sendirian, tapi bisa main ke raja empat wkkwk, ku bales lah bapak DPL

"iya gak apa apa pak, tiket bolak-balik dibayarin kan pak?
kalau bisa di deket raja empat ya pak biar bisa snorkling, tapi nanti setelah wisuda yaa pak"

Dasaaarrr, aku pasrah sih sebenrnya i am ready for everything kalau sampe besok gak bisa di seach di google. 

Karena panik, dan sedih, kecewa, marah aku jadi bingung harus ke siapa, oh iyaa aku ingat teman di kelompok lain yang anak IF juga, aku hubungi, aku bilang, aku curhat, " AKU KKN LAGI TAHUN DEPAN DI PAPUA!!. Namanya cowok nanggepinya seleww banget, ,, tenang nanti juga bisa katanya gitu doang. Heeeiii gue panik mau dipindahin ke PAPUA lo gak tau gimana perasaan gue!!!.


To be Continued
Bersambung besok lagi yaaa....

0 Comments