Setelah berkutat dengan laporan KP yang, Alhamdulilah sudah di sidang tanggal 19 Desember 2016 lalu, aku pikir selain kemampuan akademik, kita juga harus punya kemampuan tambahan di semseter 7 ini, semester yang harus selalu kelihatan bahagia walaupun sebenernya pura-pura bahagia. Yapzz, karena kemampuan akademik aja, aku rasa gak cukup sih untuk bisa melewati rintangan di akhir semester ini, ya walaupun tidak dipungkiri kemampuan akademik juga penting, tapi menurut aku beberapa kemampuan ini juga penting, yang akan semakin menunjang keberlanjutan ke tahap berikutnya...


  1. Kemampuan di Ms.Word. Janagn cuman asal bisa ngetik di Microsoft Word aja, kita juga harus bisa bikin daftar isi pake heading-heading gitu biar mudah, bikin daftar gambar, daftar table pake insert caption jadi langsung bisa muncul, kita gak perlu input satu-satu, bikin letak halaman yang beda-beda ada yang di bawah ada yang diatas. Kalau semua itu kita udah bisa, aku pikir kita gak akan kesulitan bikin laporan atau sejenisnya sesuai dengan buku panduan.
  2. Kemampuan membaca mood dosen, Selama penulisan laporan dan sejenisnya pasti perlu dong bimbingan. Nah bimbingan sama dosen pembimbing yang sulit untuk ditemui, dan sibuk. Sebagai anak bimbinganya kita juga harus mampu untuk baca mood Dosen Pembimbing (dospem) kita, karena akan mempengaruhi proses bimbingan. Kalau dospem moodnya lagi bagus pasti mudah, diajak diskusi enak, ngasih saranya gak pake marah-marah, kalau mau ttd langsung acc. Jadi coba deh untuk ngenalin mood dospem. Percayalah dospem tidak akan menyesatkan
  3. Kemmapuan berbicara sama dospem, Selain kita bisa baca mood dospem kita juga harus mampu berbicara atau komunikasi yang baik sama si dospem, kalau kita salah menyampaikan bisa-bisa si dospem gak ngerti maksud kita apa. Sebisa mungkin sampaikan secara singkat, padat, dan jelas.
  4. SIKAP!! ini penting sebagai mahasiswa kepada dosenya, kita harus pinter-pinter ber-sikap. gimana atitudenya sama orang yang lebih tua. Jangan sombong, harus sopan dan santun sama siapa pun  terutama yang lebih tua, jangan sampe sikap kita ini bikin si dospem sakit hati, bisa bisa yang tadinya dospem mau berbaik hati, karena lihat sikap kita yang kurang menyenangkan atau gak sopan si dospem jadi sakit hati, makanya hati-hatilah dalam bersikap yaaach.
  5. Bergaul. disemester ini kemampuan lu untuk survive itu dipertaruhkan. Kalau aku sih perlu banget bantuan sama temen-temen se-angkatan se-perjuangan, jadi perbanyaklah teman, yang pasti bakal membantu banyak. Jangan sungkan-sungkan untuk minta bantuan dan memberi bantuan. setelah itu jangan lupa bilang "tolong, terimaksih dan maaf".
  6.  "Deketin kk tingkat dan adik tingkat", heheh ini juga perlu kk tingkat untuk kita minta saran dan juga bantuan, mereka lebih pengalaman loohh dari kita dan itu pasti bakal ngebantu banget. Adik tingkat, mereka bisa bantu kita untuk isi quisioner, jadi objek penelitian dll. yaa intinya perbanyaklah cenel ....
  7. ini yang penting " deketin Sang Pemilik Kehidupan, "Allah SWT". Dia yang memberi kehidupan. Iringi setiap usaha dengan Do'a, mau bimbingan doa dulu biar diperlancar, mau nulis laporan, TA, Proposal doa dulu, mau apa aja doa dulu. Jangan lupa deketin sang pemilik kehidupan.
Thats All kemampuan yang harus dimiliki untuk semester 7, ada yang mau nambahin???

Selamat menikmati kehidupan kalian.....

0 Comments