Hal yang paling ahsuhushuhddhkl selama dirumah aja adalah kondisi emosi orang-orang rumah yang berubah-ubah. Aku sangat terganggu jujur, jadi gak mood mau ngapa-ngapain, ngerasa jadi beban orang rumah, ingin pergi aja entah kemana, ingin menghilang dan segala hal-hala negative lainnya dan yang paling aku sesali adalah menyalahkan orang lain. Jadi, kalau aku gagal mengerjakan tugas, aku selalu nyalahin orang lain. Ini parah banget, asli.

Dan sekarang aku mulai berpikir kayane responku terhadap hal ini harus diubah. Memang betul kita tidak bisa merubah keadaan kalau nyatanya gak bisa diubah, yang Insya Allah bisa diubah adalah respon kita terhadap suatu kejadian. Sulit memang tapi kan manusia itu hakikatnnya adalah selalu belajar. Ya namanya juga belajar kan alon-alon gak ujug-ujug jadi mahir to? Ada trial and erorr respon.

Trial and erorr respon.

Ketika ada suatu kondisi yang sebenarnya aku pernah ngalamin tapi aku ubah responku terhadap kejadian itu. 

Mislanya ketika lagi hectic-hecticnya kuliah, masih ada kelas diskusi masih seru dan ini kuliah tuh penting banegt. Tiba-tiba entah datang dari mana ibu punya keinginan untuk tanya ini itu, minta tolong ini itu. Padahal posisi ane lagi ada kelas. Gimana gak kesel kan ya??

Kalau dihadapkan dengan kondisi ini biasanya aku akan tarik nafas (tapi jangan sampai keliatan banget nanti ibuk bisa ngamok) tetap tenang stay cool and lovely, kemudian aku akan jawab "iya bu, nanti ya kk masih ada kelas *akhiri dengan senyuman. Berhasil?? ya belum tentu.

Kemudian ada lagi kondisi dimana tugas deadline nih jam 22:00 WIB. Eeh lah dalah tiba-tiba  mati lampu bund.. ya gelap, ya internet putus, bisa apa kita selain tetap tenang dan kemudian cari solusi tercepat. Walau sebelumnya ngedumel dulu hahaha. Tapi sedikit-sedikit mulai dikurangin ngedumelnya. 

Dan masih banyak kejadian-kejadian absurd yang gak nyangka akan terjadi. Tiba-tiba ada orang mau beli bunga, ada tamu yang gak mau pulang nuggu ayah sama ibu dulu karena penting harus ketemu. 

Akhirnya aku sadar rupanya hampir satu tahun pandemic aku belum adaptsi seutuhnya. Kemarin-keamrin aku sombong aman nih wfh asik dirumah aja, tanpa mikir ada huru hara sebenarnya dibalik itu semua.


Jangan ngerasa aman karena cuma udah nyaman. Karena kebanyakan rasa nyaman itu menipu. Beberapa perlu kamu validasi. (Taufik Aulia)


0 Comments