Hobi mendaki gunung ini, sudah ada sejak aku SMP, waktu itu pertama kali ke bukit / gunung, yang di purworejo itu sama teman-teman SMP, lalu ke bukit apa gunung gitu yang ada di wonosari sama teman-teman SMP juga, jadi hobi ini dari SMP.

Akhir tahun 2016, adalah perjalanan yang mendadak ( gak pernah direncanaiin kalau ngedaki teh ). Berita akan ke dieng udah aku denger kurang lebih 2 bulan, sebelum berangkat. Yang dalam hati mengatakan "ah gak ikut ahh, mau pulang aja." Nyatanya aku ikut jugaa hahhaha. Keputusan ikut, bilang iya pas 2 hari mau berangkat. Yang mendadak itu pasti selalu jadi heheh.

Berangkat kali ini aku pikir bareng teman-teman lintas angkatan, nyatanya enggak. Anak-anak IF13 semua yang ikutan kami ber-delapan ( Mifta, Seli, Danil, Adryana, Rizal, Faqih, Ikram, Hanif) yang semuanya teman-teman IF13.

Rencana berangkat, jam 16:00 WIB pake bus Budiman, Bandung-Wonsobo, ternyata gagal. Bus penuh karena itu akhir tahun, kita gak dapet mobil, ngejar mobil ke bunderan Cibiru enggak dapet juga, akhirnya si hanif nyusulin bus ke terminal Caheum, berkat kebaikan Firman yang nganter pake motor. Kami Ber-enam nunggu di depan Apotik Al-Ma'Soem dari maghrib sampai jam 20:00. Karena be te pindah nungguin ke depan UIN smapae jam 21:00 Cobaaa bayangkan ujian sebelum berangkat hahahha...

Setelah menunggu sampai jam 21:00, akhirnya kami berangkat, itu juga bukan mobil yang menuju Wonosobo, tapi bus yang menuju Purwokerto, ya dari pada gak ada sama sekali, ya kali balik lagi, style udah kece gini hahahha. Perjalanan Bandung-Purwokerto itu kurang lebih 8 jam. Sampe di terminal Purwokerto itu jam 5 pagi , dan masih gelap. Terminalnya kaya hutan, karena gelap banget .. dan masih banyak pohon-pohon gitu.

Dari purwokerto kita lanjut ke Wonosobo pake bus yang lebih kecil, dan itu pemandangnya kece banget, kita bisa liat matahari menyingsing sambil liat hiruk pikuk masyarakat sekitar, ada yang mau berangkat ke pasar, sekolah, kerja dan itu pengalaman yang wuuuu asique hahhaah.

Jam 07;00 kalau gak salah kita sampe terminal wonosobo, dan berjumpa dengan pendaki lain dari Jakarta, Semarang, Jogja dan masih banyak lagi (tapi gak ketemu turis euy). Setelah istirahat, makan, mandi, ngupi-ngupi. Kita lanjutkan perjalanan ke Dieng, naik elf yang penuh sesak, tapi gak se-edan elf majalengka-bandung. Perjalanan mobil sambil terkantuk-kantuk karena capek, padahal pemandanganya keren tapi apalah daya nagantuk, tau-tau si danil bilang "weey udah sampe dah sampe"

Turun lewat sini
Kita lewat Jalur Patak Banteng, sebelumnya kita daftar-daftar dulu (itu urusan danil) ternyta ada temenya danil yang ngajakin untuk mampir kerumahnya, namanya Mas Iwan, he is baik dan ramah banget, apa lagi kakaknya dan ibunya.. Matur suwun keluarga Mas Iwan yang sudah mau menerima kami sebelum berangkat. Nyobain buah carica langsung dari phonnya, makan buah kemiri yang mentah sama yang mateng, dikasih sayuran buat di masak di atas, baik kaaan. Oh iya FYI Mas Iwan ini Rangernya Prau, dia jaga di POS 3 bersama dua orang temannya.

Setelah di jamu dengan baik, kami di antar adik kecil gitu yang nunjukin jalan, jadi kita gak usah turun kebawah lagi, oh iya dari pos pendaftaran aja kita udah ripuh hahha, efek umur apa efek udah lama gak naik, terakhir naik pas ke papandayan.

Pendakian yang nyantai dan gak terburu-baru waktu, aku nyantai banget kali ini career aku yang isinya sayuran dan berbagai macam makanan dibawain sama faqih, jadi fix ini pendakian ternyantai. Sampai di tempat yang cocok buat ndiriin tenda, mereka cowok-cowok dengan cekatan dan trampil mendirikan tenda sebelum kabut turun, oh iya kenapa lama banget kita naiknya??, ya karena kita nyantai banget daaan jalur pendakian yang ramai banget kaya pasar, yang isinya itu pendaki pemula, yang ngedaki cuma pake septu NB, bawa tas kecil, jaket seadanya kalau ditanya sama Ranger bilangnya "udah biasa mas amaan", Giliran sampai atas hipo aja, itu cerita dari mas Iwan yang sering banget nanganin hal semacam itu.

Setelah tenda berdiri, aku sama seli prepare buat masak  makan malam, dan menu makan kita selama di gunung kita sebut makanan modern karena pake sosis gitu hahah, kalau dikosan man pernah makan pake sosis.

Pindah Kosan

Cuaca di gunung itu gak bisa di tebak, tiba-tiba cerah, tiba-tiba kabut menyeramkan. Malam pertama kami fix di guyur hujan, dari maghrib sampai jam 12;00 malam, pas pagi paginya cuaca ceraaah tapi gak dapet sunrise soalnya bangun kesiangan hahhaahha. Tapi pemandanganya tetep keren kok walaupun udah siang juga. Panas berangin gitu. Aku sama Seli sok iye gitu mempertahankan Style gak mau pake jaket + sarung taangan, rupanya kurang dari satu menit di luar kami balik lagi ke tenda gak kuat dingiiin.

Malam ke dua, aku pasrah kalaupun harus khusnul khotimah di gunung, badaaaiiii serem banget mereka (cowok-cowok) mempertahankan tenda biar gak terbang, aku sama seli didalem tenda istighfar, doa apapun sebisa kami, biar badai udahan, takut bangettt aslinya, suara angin dari jauh bisa kedengeran sereeeem banget. Pasraaah Ya Allah.

Kabut Prau

Pagi-Paginya kabut masih ada sisa-sisa badai semalam cuaca gak bersahabat banget di hari kedua ini, angin masih, kabut juga banyak, setelah sarapan kami prpare buat turun, cuaca gak memungkin banget buat foto-foto. Perjalanan turun yang di temani kabut dan anagin ngerasa, sungguh manusia gak bisa berbuat apa-apa, kami jalan capek tapi kedinginan rsanyaaa duuuh ada pusing-pusing gimana gitu.  Ya kalau dalam hidup itu seberat apapun ujian yang kita hadapi life must go on, ya kaya perjalann turun seberat apapun perjalananya mau gak mau kita harus turun walaupun gerimis,
karena tujuan mendaki gunung bukan puncak tapi pulang dengan selamat.

Perjalann yang nanjak sebentar terus turun , lewat jalan yang licin dan tanah fix buat kami kepleset, baju kotor, daaann itu menyenangkan Alhamdulillah masih bisa ngerasaiin hal kaya gini.

Semakin bersyukur dengan nikamat sehat, nikmat tempat tinggal yang kalau ada angin kenceng gak perlu khawatir, bersyukur punya teman-teman yang siap dan sigap kalau aku sama seli bilang "istirahat dulu yaa". Teman-teman yang bilang "ayoo ayoo depan pos 1, daaah bentar lagi sampe ini, jangan kebnyakan minum!!".

Well setiap gunung punya cerita, Yuk kemana lagi kita.

NB: makasih buat azam terbaik yang minjamin tasnya kita saling support ya zam :)